Saturday, May 23, 2015

Pernikahan Rengga Dan Wahyu

Pernikahan merupakan sebuah upacara pengikatan janji untuk hidup bersama yang dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan berdasar norma agama, norma hukum, dan norma sosial. Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial. Penggunaan adat atau aturan tertentu.

Upacara pernikahan sendiri biasanya merupakan acara yang dilangsungkan untuk melakukan upacara berdasarkan adat-istiadat yang berlaku, dan kesempatan untuk merayakannya bersama teman dan keluarga. Wanita dan pria yang sedang melangsungkan pernikahan dinamakan pengantin, dan setelah upacaranya selesai kemudian mereka dinamakan suami dan istri dalam ikatan perkawinan.

Syarat pernikahan Diantaranya :

Berdasarkan Pasal 6 UU No. 1/1974 tentang perkawinan, syarat melangsungkan perkawinan adalah hal-hal yang harus dipenuhi jika akan melangsungkan sebuah perkawinan. Syarat-syarat tersebut yaitu:

    Ada persetujuan dari kedua belah pihak.
    Untuk yang belum berumur 21 tahun, harus mendapat izin dari kedua orang tua. Atau jika salah seorang dari kedua orang tua telah meninggal atau tidak mampu menyatakan kehendaknya, maka izin dapat diperoleh dari orang tua yang masih hidup atau orang tua yang mampu menyatakan kehendaknya.
    Bila orang tua telah meninggal dunia atau tidak mampu menyatakan kehendaknya, maka izin diperoleh dari wali, orang yang memelihara atau keluarga yang mempunyai hubungan darah dalam garis keturunan lurus ke atas.

Bagi yang beragama Islam, dalam perkawinan harus ada (Pasal 14 Kompilasi Hukum Islam (KHI):

    Calon istri
    Calon suami
    Wali nikah
    Dua orang saksi
    Ijab dan kabul

Namun ada satu hal yang harus diperhatikan jika seseorang hendak menikah, Pertama adalah kesiapan dan kematangan diri. Kesiapan yang meliputi kematangan mental dan finansial, meskipun tidak mutlak. Selanjutnya adalah umur, jangan terlalu muda dan terlalu lanjut. Tentu jika terlalu muda, secara mental belum matang, jika Terlalu tua maka akan berhubungan dengan keturunan.

0 comments:

Post a Comment